Java Inheritance / Pewarisan

Kita akan membahas tentang inheritance atau pewarisan di Java. Setiap class di prmorgraman Java merupakan sebuah hierarki class. Class satu merupakan bagian dari class yang lain sehingga membentuk tingkatan atau hierarki Class. Dikenal ada istilah super classes dan sub classes. sub classes merupakan bagian dari super class. Inheritance atau pewarisan merupakan istilah yang mendefinisikan bahwa semua sifat yang dimiliki supre class akan otomatis diwariskan ke semua sub classes-nya. Sifat yang diwariskan biasanya berupa attribute dan method. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas dalam bentuk contoh: Kita akan buat sebuah class dengan nama Coin. Program seperti di bawah ini:
1:  class Coin  
2:  {  
3:   int value;  
4:   public int getValue()  
5:   {  
6:   return value;       
7:   }       
8:  }  
Di atas kita sudah membuat sebuah class, dengan mthod getValue(). Method terwebut akan mengembalikan sebuah nilai integer. Selanjutnya kita akan membuat sebuah class lagi yang nantinya kita buat sebagai pewarisan dari class Coin. Programnya di bawah ini:
1:  class Quarter extends Coin  
2:  {  
3:   public Quarter()  
4:   {  
5:   value=25;       
6:   }       
7:  }  
di atas kita sudah menciptakan sebuah class Quarter yang diwariskan dari class Coin. Pewarisan tersebut terlihat dari keyword extends. Karena attribut yang ada di class Coin sudah diwariskan ke dalam class Quarter, maka class Quarter memiliki attribut yang sama dengan class Coin. Sehingga manipulasi terhadap attribut tersebut berlaku untuk kedua class. Selanjutnya, kita buat Class utamanya. sebagai berikut:
1:  public class TestInher  
2:  {  
3:   public static void main(String[] args)  
4:   {  
5:   Quarter q=new Quarter();  
6:   System.out.println("Value is "+q.getValue());       
7:   }       
8:  }  
Kita buat instanisasi dari class Quarter. Kita panggil method yang ada yaitu getValue(); Hasil nya bisa dilihat di bawah ini:
25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar