Java Client Server on LAN

Di Artikel terdahulu, saya sudah memberikan contoh bagaimana kita meprogram socket dengan Java. Di artikel terdahulu, kita sudah bisa membuat program chatting yang jalan di client dan server, namun kita masih mencobanya di satu komputer, dengan nama memakai host localhost.
nah sekarang
kita akan mencoba menjalankan file yang sama (ChatClient.java dan ChatServer.java) agar bisa digunakan untuk chatting antar komputer di jaringan Local Area Network (LAN). Kita lihat topologi sederhana sebuah LAN di bawah ini:
Kita akan membuat antar Workstation bisa saling berkomunikasi/chatting. Caranya: 1. Kita harus menentukan mana yang akan jadi server chatting dan mana yang akan kita jadikan client 2. Setelah ditentukan, kita pindahkan file ChatServer.java ke workstation yang ingin kita jadikan server 3. Kita pindahkan file ChatClient.java ke workstation yang akan kita jadikan client 4. Kita harus ingat alamat IP/IP Address dari server, alamat IP ini yang akan kita gunakan untuk mengganti localhost 5. Kita ambil contoh IP Server adalah 192.168.1.1, maka untuk mengaktifkan Chat Server dengan cara:
 C: java ChatServer 9901  
6. Kita jalankan Client Chat di workstation yang lain dengan cara:
 C: java ChatClient 192.168.1.1 9901  
Dengan begitu, kita bisa chatting dengan sesama workstation di satu jaringan LAN. Mudah Bukan???? Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Kalau di N server disetting port lain, tinggal disesuaikan. Bisa baca penjelasannya di artikel sebelumnya

    BalasHapus